About

” RAHMAT ” International   Wildlife  Museum &  Gallery satu – satunya  di Asia yang memiliki koleksi  ± 2000 species  dari   berbagai Negara mulai dari yang kecil hingga yang   terbesar sesuai   dengan habitatnya.  Sebagian koleksinya merupakan hasil berburu konservasi  International oleh  pendirinya, telah diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  Republik Indonesia Bapak Prof. Dr. Juwono Sudarsono, MA pada tanggal 14 Mei 1999.

Karena besarnya minat masyarakat  atas keberadaannya, maka dilakukan perluasan bangunan yang lebih luas  sehingga semakin lengkap dengan luas gedung ±3000m2 dan diresmikan oleh Presiden RI  Bapak DR. H. Susilo Bambang Yudhoyono, MA pada tanggal  13 November 2007 .

Pendirinya adalah DR. H. Rahmat Shah, yang saat ini menjabat sebagai Majelis Kehormatan Asosiasi Museum Indonesia (AMI). Dan seorang penggemar olahraga berburu profesional dan konservasionis serta pencinta alam yang telah berpetualang  di berbagai penjuru dunia untuk mempelajari langsung  konsep Konservasi dengan Pemanfaatan yang telah  diterapkan  oleh  berbagai  Negara  diantaranya Amerika, Kanada, Rusia, Jerman,  Turki,  Perancis, Itali, Spanyol,  Austria, China, Kazakhstan, Romania, Mongolia, Iran, Pakistan, Australia, New Zealand, hampir seluruh Afrika dan negara lainnya guna mencegah kepunahan dan menambah populasi satwa liar dan habitatnya sehingga tetap lestari sepanjang masa.

Prakata

Melalui Museum &  Gallery  ini  beliau  mengajak kita untuk  lebih  mengenal  keaneka-ragaman    satwa    liar   yang  ada di dunia, mengenalkannya  kepada masyarakat dan berbagai kalangan  agar turut   peduli   dan  terpanggil untuk lebih menyayangi dan menjaga kelestarian lingkungan hidup   dan   satwa     liar, anugerah  yang  tak ternilai dari Tuhan Yang Maha Kuasa warisan anak cucu kita.

Museum  ini  dan  pendirinya  telah  masuk  Record  Book dan telah  menerima berbagai  penghargaan Nasional dan Internasional di bidang konservasi  dalam  upaya mencegah  kepunahan satwa liar dunia dan habitatnya. Semoga Museum &  Galeri ini bermanfaat bagi kita semua.

Medan, 28 Nopember 2013

DR. H. Rahmat Shah